Ikuti Etika ini Saat Berwisata ke Thailand

“Dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung” Kata-kata ini harus selalu diingat oleh siapapun, termasuk pendatang. Artinya dimana kita berada, kita harus menjunjung tinggi budaya yang ada disana. Jangan karena kalian wisatawan, kalian menyepelekan budaya masyarakat lokal. Sebaliknya, kamu wajib ikut berpartisipasi dengan mengenali budaya penduduknya. Jika memang kamu sedang berlibur ke thailand atau merencanakan wisata ke Thailand, ada beberapa tips liburan ke Thailand yang perlu diketahui. Dilansir dari ImpulseFlyer, berikut 7 hal yang harus diketahui para wisatawan:


Mau lihat keseruan festival di Thailand : Mengenal lebih jauh festival Songkran


1. Salam ala Thailand




Photo Credit : www.haikudeck.com
Jika di Indonesia, salam bisa ditunjukkan dengan berjabat tangan, sangat berbeda halnya dengan di thailand yang menggunakan salam yang disebut dengan wai. Wai merupakan sebuah ucapan umum dan tanda hormat. Bahkan jika kalian sedang berada di McDonald Thailand, kalian bisa melihat gambar Ronald McDonald berdiri disertai dengan wai. Wai bisa dilakukan dengan menaruh tanganmu berdampingan seperti berdoa dan menariknya dengan lembut ke arah dada. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang muda kepada orang yang lebih tua atau atau orang dari status sosial yang lebih rendah melambaikan ke orang yang lebih senior.

2. Tambahan panggilan pada nama kamu

Jika di Bali kita mengenal kata “Bli” untuk panggilan kakak, nah di Thailand kalian akan dipanggil dengan awalan “Khun” didepan namamu. Khun dapat disamakan dengan Mr. atau Mrs. Seperti di Amerika. Tak sekedar itu saja, dalam sebuah tulisan pun kalian kata khun akan selalu digunakan.

3. Tolong lepaskan alas kaki

Tips liburan ke Thailand yang selanjutnya adalah melepaskan alas kaki. Demi menghormati kebiasaan penduduk Thailand, kamu wajib tahu satu hal ini. Lepaslah alas kaki setiap kalian memasuki rumah warga. Hal ini juga berlaku ketika kamu memasuki ke kuil, restoran tertentu, dan juga kafe. Jika kalian melihat tumpukan sepatu atau sandal, itulah tanda bahwa kalian wajib melepas alas kaki.

4. Saat makan

Jika kalian sedang makan berbarengan dengan orang Thailand, jangan berangan-angan semua menu makanan akan keluar secara bersamaan. Untuk hal ini, jangan khawatir dan makanlah terlebih dahulu saat makanan pesananmu disajikan. Apalagi jika kalian lapar hehe

5. Taksi

Tips berlibur ke thailand
Photo credit : www.says.com
Jika mau memanggil taksi dari pinggir jalan, jangan melambaikan tangan seperti di negara-negara barat pada umumnya. Ini salah satu tips liburan ke Thailand yang belum banyak yang tahu dikalangan wisatawan. Cara melakukan yang benar adalah dengan menurunkan tanganmu dan tetap dalam posisi horizontal. Jika masih bingung, caranya hampir mirip seperti menepuk anjing peliharaanmu.

6. Hindari pembicaraan yang berhubungan dengan kerajaan

Masyrakat Thailand sangat dikenal menghormati raja mereka. Jadi jangan pernah membicarakan hal yang aneh-aneh tentang raja Thailand. Apalagi meremehkan gambar raja saja kalian bisa mendapatakan. Oleh karena itu, hindari pembicaraan yang mengenai raja dan keluarga kerajaan agar lebih aman saat berlibur ke Thailand.

7. Cara memberikan tip





Photo credit : www.panoramio.com
Jika kalian sedang makan di luar saat berlibur ke Thailand, jangan lupa untuk memberi tip kepada pelayan. Atau kamu sedang ingin dipijat? Tambahkanlah beberapa Bath untuk tukang pijatnya. Sebenarnya hal ini bukanlah adat mereka, namun jika kalian memberikan beberapa lembar uang kepada mereka sebagai tip, itu akan lebih dihargai.


Kalian sudah bacakan beberapa tips liburan ke Thailand? Nah jika kamu punya rencana berlibur ke Thailand. Yang paling kamu persiapkan pasti mencari tiket pesawat ke Thailand dan hotel murah di Thailand. Jika kamu tidak mau repot untuk mencari tiket pesawat ke Thailand dan mencari hotel murah di Thailand, sebaiknya kalian mengikuti tour ke Thailand bersama ezytravel.co.id. Jika ingin bergabung dengan Tour bersama ezytravel.co.id kamu sudah menemukan harga yang sangat menarik serta pengalaman liburan yang sangat.

Komentar

Postingan Populer