Wajib baca Artikel Ini Sebelum Ke Dusun Bambu!

Capek kerja? Ngerasa bete dengan sesaknya ibukota? Coba deh kalian sedikit mengosongkan waktu untuk berwisata ke luar kota. Tidak usah jauh-jauh, kalian dapat berkunjung ke kota Bandung yang berjarak sekitar 100km dari ibukota yang bisa ditempuh melalui jalur darat sekitar 3,5 jam. Di Bandung, kalian bisa berkunjung ke wisata alam Bandung yang cukup banyak. Salah satunya adalah Dusun Bambu Lembang.

Pernah mendengar Dusun Bambu Lembang? Atau mungkin kalian udah pernah berkunjung kesana?
Nah, kalo kalian belum pernah mengunjunginya. kalian kudu baca artikel ini ya. Daripada kalian gatau mau ngapain. Jadi prepare itinerary dulu ya sebelum kesana.

Dusun Bambu Lembang
Photo Credit : Instagram.com/travalloon
Dusun Bambu Lembang adalah suatu tempat wisata keluarga yang terletak di kaki Gunung Burangrang Cisarua Lembang yang punya fasilitas segudang seperti Restaurant, Villa, dan Fun Activities lainnya.

Pemandangan alam dan udaranya yang sejuk merupakan magnet tersendiri wisatawan untuk berkunjung kesini. Jadi kalian yang udah bosen dengan pemandangan rumitnya ibukota, kudu banget dateng kesini sih buat nikmatin segarnya udara di Dusun Bambu Lembang.


Berlokasi di Jalan Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat. Hal yang perlu kalian tau, Dusun Bambu Lembang ini bisa dicapai melalui 3 rute berikut ini :
  • Tol Pasteur -> Ledeng -> Jl. Sersan Sodik -> Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Padalarang -> Cimahi -> Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Pasteur -> Ledeng -> Lembang -> Jl. Kolonel Masturi
Setelah sampai di lokasi kalian jangan bingung, karena di sini terdapat 2 area parkir. Area parkir kedua akan dibuka jika area parkir pertama sudah terisi penuh.

Di area parkir kedua, jaraknya memang agak jauh di atas. Kalian harus melewati jalan menanjak dan menurun untuk mencapainya. Persiapkan kondisi kendaraan kalian jika tidak mau mogok ditengah-tengah jalan.

Di lokasi parkir kedua ini kalian bakal dijemput oleh kendaraan khusus dari Dusun Bambu Lembang menuju lokasi pembelian tiket.

Harga tiket untuk masuk hanya sebesar Rp 15.000 saja perorang dan anak-anak dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya. Sesampainya di gerbang masuk kalian disarankan jangan membawa makanan dari rumah, karena Dusun Bambu Lembang tersedia restaurant dengan tema yang unik.

Fun facts!
Dusun Bambu is The Only Place where You can Find A Restaurant Using The Birdcage Concept

Burangrang Café and Resto

Dusun Bambu Lembang
Photo Credit : Instagram.com/ainulyaqinns
Di Burangrang resto kalian bisa menyantap sajian makanan dan minuman sambil menikmati panorama alam. Burangrang Resto juga menyajikan berbagai pelayanan seperti Family Gathering, Luncheon dan Corporate Training. Restaurant ini cukup indah dengan desain kaca yang mendominasi.

Kalo kalian penikmat kopi, kalian juga harus merasakan minum kopi disini karena Burangrang Café and Resto adalah salah satu tempat yang asyik untuk menikmati kopi. Tidak hanya kopi, kalian juga dapat merasakan minuman tradisional seperti Bandrek.

Purbasari Restaurant

Dusun Bambu Lembang
Photo Credit : Instagram.com/queenaie
Nah, Kalo kalian mengunjungi bersama keluarga, Kalian wajib coba ke resto ini. Dengan konsep saung lesehan yang berada di tepi danau, Purbasari Restaurant sangat pas untuk berkumpul keluarga sembari menikmati pemandangan tepi danau.

Hidangan yang disajikan di resto ini kebanyakan adalah makanan khas masakan Sunda. Jadi bagi kalian yang ingin makan hidangan khas sunda, bisa datang ke Purbasari Restaurant ya.

Lutung Kasarung

Dusun Bambu Lembang
Photo Credit : Instagram.com/andreasafitri
Kalo di liat dari namanya, Lutung Kasarung ialah sebuah cerita rakyat yang menggambarkan makhluk yang buruk rupa yang dapat berubah menjadi pangeran.

Tenang saja kalo di Dusun Bambu Lembang sih bukan,
Lutung Kasarung adalah sebuah resto yang bertema sangat unik dan selalu menjadi “primadona” turis saat berkunjung ke wisata alam Bandung ini. Bertema seperti sarang burung yang berada di atas tiang seakan-akan kita sedang berada di dalam sarang burung yang ada di atas pohon.

Untuk berkunjung kesana, kita harus pesan terlebih dahulu jika tidak mau orang lain yang terlebih dahulu menempatinya. Menikmati sarang burung khas Lutung Kasarung juga bukan hal yang murah, karena kalian akan dikenakan biaya minimum order sebesar 400 ribu rupiah.

Cukup mahal jika dibandingkan dengan dua resto sebelumnya, tetapi untuk merasakan pengalaman makan di sini, mengeluarkan biaya sebesar itu bukan hal yang menyulitkan ko.

Setelah selesai membahas tentang kuliner yang ada di Dusun Bambu Lembang, saatnya kita membahas tempat penginapannya yuk. Disini ada 2 konsep tempat penginapan.

Pertama, kalian bisa menyewa Villa
Kedua, kalian bisa merasakan untuk Camping di area yang sudah disediakan.

Nah, bebas deh kalian mau pilih yang mana. Untuk selanjutnya mari kita bahas satu-satu yuk.

Kampung Layung

Dusun Bambu Lembang
Photo Credit : Instagram.com/dusun_bambu
Masih menawarkan konsep yang alami, Villa Kampung Layung ini memiliki bentuk yang khas pedesaaan dimana bangunannya kebanyakan memakai bahan dari bambu.

Suasana Kampung Layung memang sengaja di design dengan suasana desa yang tenang danasri penuh dengan pepohonan.

Rate yang diberikan oleh Kampung Layung memang agak sedikit mahal, berkisar Rp 2,25 juta sampai yang paling mahal sekitar Rp 3,85 juta pada saat weekend. Tetapi hal itu berbanding lurus dengan fasilitas yang bisa kalian dapatkan disini.

Eagle Camping Ground

Dusun Bambu Lembang
Photo Credit : Instagram.com/dusun_bambu
Kebayang gak sih kalo kalian menginap dengan tema camping ground?

Nah,
Disini tujuan yang pas buat kalian!

Inilah salah satu tempat Glamping yang paling eksotis dan romantis di Bandung Barat. Di Eagle Camping Ground kalian bakal menginap dengan tema Camping di hutan memakai tenda yang telah disiapkan.

Sarana yang disediakan adalah kamar tidur yang berisi sleeping bed untuk 6 orang. Tidak cuma itu, di tenda ini juga disediakan kamar mandi lho. Jadi kalian gausah khawatir untuk tidak mandi jika menginap disini.

Rate untuk menyewa satu tenda berkapasitas 6 orang ini seharga Rp 1,4 Juta saja. Cukup murah bukan untuk camping dengan fasilitas lengkap bersama keluarga atau kawan-kawan anda.

Mau jalan-jalan? Cek Promonya disini: Liburan Destinasi Romantis dan Lucky Lunar

Dusun Bambu Lembang
Photo Credit : Instagram.com/nae_olivia
Setelah puas untuk berwisata makanan dan menginap di Dusun Bambu Lembang, hendaknya kita membawa buah tangan untuk keluarga dirumah. Kalo kalian mau membelikan sesuatu, kalian bisa mampir ke Pasar Khatulistiwa yang berada di dalam Dusun Bambu Lembang ini.

Pasar Khatulistiwa mempunyai konsep yang cukup unik, dimana kalian bisa merasakan berbelanja menggunakan Voucher yang berbentuk uang mainan. Kalian langsung menukarkan uang Rupiah dengan voucher yang dapat dibelanjakan berbagai macam barang.

Sangat gampang, siapkan uang Rupiah yang mau tukarkan. Lalu beli voucher di loket depan Pasar Khatulistiwa.

Dusun Bambu Lembang
Photo Credit : Instagram.com/shindyva
Ada banyak yang bisa kalian beli disini, seperti buah tangan khas Bandung, buah-buahan, dan barang kelontong. Kalian juga bisa membeli jajanan kecil untuk menunda lapar sambil menikmati segarnya udara di Dusun Bambu Lembang.

Unik bukan wisata alam Bandung yang satu ini? Kalo kalian bingung mau pergi sama siapa atau bingung ke Dusun Bambu Lembang lewat mana? Jangan takut. Zaman sekarang makin mudah guys. Kalian langsung buka website Ezytravel.co.id dan buka pages paket wisata. Disana terdapat paket One Day Trip Bandung dengan harga yang miring! Bukan cuma ke Dusun Bambu Lembang, tapi akan ada itinerary berbeda ke tujuan wisata alam Bandung lainnya.

One Day Trip Bandung

Jangan lupa share ke rekan-rekan anda yang membutuhkan tentang tips ini ya! Kalo mau lihat artikel bocah lainnya bisa mampir kesini ya. See u guys di artikel selanjutnya. Salam Bocah!

Komentar

Postingan Populer