5 Taman Kota Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gak ya?

Taman kota adalah ruang yang sering dibentuk di dalam kota supaya warganya tetap mempunyai ruang untuk bernapas dengan lega di tengah hiruk pikuk kehidupan kota besar. Di sebuah kota sudah tentu harus mempunyai taman kota karena dengan demikian akan meminimalisir kota besar disesaki oleh bangunan dan jalan-jalan yang menjadikan tanaman menipis. Tapi dengan diwajibkannya taman kota maka pastinya kota besar tersebut harus menyisakan beberapa lahannya untuk dipakai untuk taman kota yang ditanami dengan pepohonan yang asri yang bisa membuat area sekitar kota menjadi semakin sejuk.

Keliahatannya adanya taman kota ini banyak dijadikan perkotaan sebagai alasan membangun taman kota sebesar-besarnya sehingga pada taman kota itu masyarakat bisa melakukan bermacam kegiatan misalnya lari atau sekedar bersantai di sekitar kawasan taman.
 
Dari beberapa banyaknya taman kota yang ada di dunia ada bermacam-macam yang berpredikat sebagai taman kota terluas dan taman kota terbesar di dunia dengan wilayah yang mencapai puluhan hektar atau bahkan ratusan hektar. Tentunya dengan luas yang demikian maka taman kota itu sudah nampak seperti hutan daripada taman. Padahal biasanya akan membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya sampai taman kota itu bisa bertumbuh dengan baik sampai pohon-pohon yang ada di dalamnya tumbuh besar dan tinggi menjulang. 
 
Taman kota yang sedemikian luasnya tentu membuat lingkungan udara di perkotaan akan jauh lebih fresh dan membuat tubuh kita sehat.
 

Stanley Park Canada

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : vancouver[.]de

Tidak hanya cocok disebut sebagai taman kota terluas dan taman kota terbesar di dunia tetapi Stanley Park ini ternyata adalah taman kota yang berusia sudah sanat tua, soalnya Stanley Park yang terletak di Canada ini telah ada sejak tahun 1888 dan sejak tahun itu perkembangannya terus cepat sehingga sampai saat ini di Stanley Park telah banyak pepohonan yang menjulang tinggi dan umurnya sama dengan kota tersebut. Luas dari taman kota ini mencapai 405 hektar, lokasi Stanley Park sendiri berada di area Vancouver, bukan Cuma masyarakatnya saja yang memanfaatkan ini juga menjadi rumah bagi 500 fauna liar yang ada didalamnya.
 
 

The Highline New York

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : nycgovparks[.]org

Taman kota ini mungkin bukanlah taman kota terbesar di dunia tapi bisa jadi taman kota terluas di daerahnya. Taman ini awalnya adalah rel kereta api highline yang berada lebih tinggi dari jalan raya di bawahnya, namun pada sekitar sejak sekitar 25 tahun lalu kawasan rel kereta ini berubah fungsinya dan ditumbuhi dengan tanaman liar yang bertahan ada hingga sekarang ini. Tetapi tentunya tanaman yang ada di highline saat ini dibuat dengan lebih rapi sehingga layak dijadikan sebagai taman kota, dengan diberi bangku-bangku panjang di sekitarnya maka jadilah the highline sebagai taman kota yang berada di ketinggian. Rel kereta yang dulu masih ada namun sudah ditumbuhi dengan berbagai tanaman. Taman kota ini besarnya sekitar 159 hektar.
 

Garden By The Bay, Singapore

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : slowpoland[.]pl

Taman kota terluas dan taman kota terbesar di dunia yang besarnya mencapai seluas 101 hektar ini bukanlah taman kota yang sudah tua, bahkan umurnya masih bisa dihitung pakai jari tangan. Ialah Garden By The Bay yang letaknya berada di kawasan bisnis yang ada di negri singa, merupakan sebuah taman kota dengan pohon-pohon yang tinggi menjulang setinggi 164 kaki, meski bukan termasuk taman kota yang tertua tapi pohon yang berada di sana telah sangat tinggi. Selain itu ada beragam jenis pepohonan yang ada di sana. Dikolabroasikan dengan posisi letak yang modern maka Garden By The Bay Singapore menjadi taman kota yang sebagai sumber oksigen di Singapura.

Kalian bisa lho mendapatkan Potongan tiket masuk untuk ke Garden By The Bay sebesar Rp 75.000. Mau tau caranya? Klik aja langsung Promo Go-Points  

Boston Common, Massachussets

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : gardendesign[.]com

Sebetulnya agak kurang cocok disebut sebagai taman kota terluas atau taman kota terbesar di dunia tapi taman ini lebih pas dilabeli sebagai taman kota paling tua yang ada di Amerika Serikat. Karena taman kota ini memang sudah ada sejak sebelum terjadinya Revolusi Amerika, dahulunya banyak militer Inggris yang ekspansi ke taman ini untuk sekedar berkumpul di beberapa spot yang merupakan basecamp bagi para militer Inggris tersebut terdahulu. Lebarnya sekitar 20 hektar dan berada di Massachussets. Jika Anda berkunjung ke sana Anda bakal disambut dengan cantiknya pohon-pohon yang usianya telah cukup lama.
 
Kalian ingin liburan? Cari aja kebutuhannya di sini : Paket wisata murah, cari Hotel murah, dan Tiket pesawat murah
 

Lurie Garden, Illinois

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : expedia.co[.]id

Taman Lurie Garden hanyalah beberapa kecil dari bagian taman modern yang berada di Amerika Serikat yang pastinya cukup besar dan bisa dikatakan sebagai taman kota terbesar di dunia. Di lurie Garden yang luasnya mencapai 2 hektar ini Kalian bisa menikmati keindahan berbagai tanaman yang bunganya mekar terutama pada saat musim semi. Lurie Garden kondisinya lebih terbuka suasananya karena lebih banyak ditumbuhi oleh tanaman pendek daripada tanaman yang tinggi menjulang. Taman kota ini sungguh cantik dan asri.

Udah tau kan taman kota mana saja yang menjadi taman kota terbesar di dunia? Kalo kota-kota besar di Indonesia punya taman sebesar dan seindah itu, sepertinya kalian akan betah tinggal di kota besar. Karena setiap ingin merefresh beban pikiran, kalian dapat berjalan menyusuri taman untuk menghilangkan penat. Terlebih lagi jika fasilitas dan sarana yang disediakan cukup lengkap. Tenang saja, Indonesia juga punya ko wisata alam yang gak kalah indahnya. Mau tau? Cek aja di sini.

Komentar

Postingan Populer